Penjabaran Teknik-Teknik Pada Lucid Dream


Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah membahas secara detail tentang sejarah lucid dream, maka kali ini Saya akan memberikan beberapa teknik yang Anda harus ketahui sebelum melakukan lucid dream.

Sebelum melakukan teknik-teknik lucid dream, Anda diharuskan untuk membiasakan diri menggunakan kegiatan/bantuan WBTB (Wake Back To Bed). Bagaimana caranya melakukan WBTB (Wake Back To Bed) ? Caranya adalah dengan bangun di pertengahan tidur Anda. Misal Anda tidur pada jam 10 malam, kemudian bangun setelah 3-5 jam.

Setelah Anda bangun, minumlah segelas air putih atau melakukan hal yang Anda suka seperti bermain game/sekedar membuka e-mail. Selanjutnya, Anda dapat melakukan teknik-teknik lucid dream yang Anda suka.

Teknik-teknik pada lucid dream terbagi menjadi dua yaitu :

1. Teknik Wake Induce

Teknik Wake Induce adalah suatu teknik untuk masuk kedalam mimpi sadar dengan induksi kesadaran. Terdapat empat sub-kategori pada teknik ini yaitu :

A. WILD (Wake Induced Lucid Dreams)
Teknik ini dilakukan dengan memanfaatkan kesadaran kita untuk masuk ke fase lucid/sadar. Dalam artian lain, kita tetap terjaga namun tidak terlelap tidur hingga melewati fase REM (Rapid Eye Movement) selanjutnya Sleep Paralyze.
  
B. FILD (Finger Induced Lucid Dream)
Teknik ini ditemukan oleh Hargats, ia salah satu member Dream Views. Teknik ini memanfaatkan gerakan pada jari-jari yang membantu kita untuk menuju ke fase lucid/sadar.  

C. CILD (Chakra Induced Lucid Dream)
Untuk mencapai fase lucid/sadar, teknik ini menggunakan bantuan mata ketiga atau yang biasa disebut Third Eye Chakra. Atau dalam arti lain posisi mata ketiga ada diantara kedua alis mata.

D. EILD (Electrical External Induced Lucid Dreams)
Teknik ini menggunakan suatu alat bantuan untuk mencapai fase lucid. Alat bantuan/eksternal ini biasanya adalah Brainwaves, Vibrating Wacth, Googles Nova Dreamer.

2. Teknik Dream Induce

Berbeda dengan teknik diatas, teknik ini menggunakan induksi mimpi untuk mencapai fase lucid dream.

Terdapat tiga sub-kategori pada teknik ini yaitu :  

A. DILD (Dream Induced Lucid Dreams)
Teknik ini membutuhkan kepekaan diri Anda terhadap mimpi. Ketika Anda sedang bermimpi, Anda sadar bahwa Anda sedang bermimpi. Ketika itu pula, Anda bisa masuk ke fase lucid dream dengan melakukan dream bending.  


B. DEILD (Dream Exit Induced Lucid Dreams)
Teknik ini menggunakan kesadaran pada diri kita pada fase REM. Untuk melakukan teknik ini, Anda diharuskan mempunyai dream recall yang cukup mumpuni.

C. MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams)
Teknik yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge ini dilakukan dengan bantuan mimpi yang sebelumnya telah terjadi atau menggunakan afirmasi.

Itulah beberapa teknik yang sering digunakan orang untuk melakukan lucid dream. Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan share di media sosial dengan klik tombol share.

Komentar